Venturi Astrolab Rakit FLEX, Kendaraan Manusia untuk Menjelajah Bulan Penampakannya Mirip Kereta Bayi

Venturi Astrolab Rakit FLEX, Kendaraan Manusia untuk Menjelajah Bulan Penampakannya Mirip Kereta Bayi
Kendaraan penjelajah bulan tengah diujicoba oleh Venuri Astrolab. (foto: tangkapan layar youtube venturi astrolab)
0 Komentar

NASA saat ini memiliki target untuk menempatkan wanita pertama dan pria berikutnya di Bulan pada  akhir dekade ini. Namun, misi tersebut terganggu oleh penundaan, dengan target telah meleset dari 2024 ke 2025. Bahkan sekarang target itu tidak mungkin terjadi sebelum 2026 menurut regulator badan antariksa AS.

Sementara itu, pengusaha miliarder Elon Musk dan Jeff Bezos bekerja untuk mengembangkan

pendarat untuk membawa orang ke permukaan bulan melalui perusahaan masing-masing SpaceX dan Blue Origin. Mereka juga mempertimbangkan kelayakan misi yang lebih lama ke Mars.

Baca Juga:Produsen Air Minum Cleo Entitas Bisnis Tancorp Milik Hermanto Tanoko Bangun Tiga Pabrik Rp220 MiliarKosme Bidik Pasar Timur Tengah, Tampilkan Produk dari Alam Indonesia

Perusahaan komersial lainnya sedang mengembangkan robot untuk membawa kargo ke bulan.

Matthews mengatakan bahwa sementara SpaceX dan Blue Origin bekerja untuk memecahkan masalah transportasi jarak jauh, dia berharap perusahaannya Venturi Astrolab akan ‘menyelesaikan masalah transportasi lokal’.

Matthews memulai karirnya di Laboratorium Propulsi Jet NASA, yang mengerjakan rover atau kendaraan Penjelajah, Spirit dan Opportunity kembar yang diluncurkan ke Mars pada tahun 2003, sebelum pindah ke SpaceX.

Matthews membentuk perusahaan barunya bersama para pendirinya pada Januari 2020. Mereka telah membangun prototipe FLEX skala penuh dan baru-baru ini menyelesaikan test drive di gurun California dekat Death Valley.

Pensiunan NASA dan astronot Badan Antariksa Kanada, insinyur dan penulis, Chris Hadfield, yang berada di dewan penasihat Astrolab, mengambil bagian dalam uji lapangan selama lima hari untuk memberikan umpan balik tentang desain dan kinerja kendaraan.

“Saat kita bertransisi dari era Apollo, yang berfokus pada eksplorasi murni, hingga sekarang, di mana orang akan hidup lebih lama di bulan, peralatan perlu diubah,” kata Hadfield.

“Ketika kita menetap di suatu tempat, kita tidak hanya perlu membawa orang dari satu tempat

Baca Juga:Air Minum Dalam Kemasan Cleo Milik Hermanto Tanoko Bidik Penjualan hingga Double Digit Sekitar 30 Persen, Penjualan Bersih Rp802,94 MiliarKuasa Hukum Bambang Trihatmodjo Harap PT TIM Bergabung Minta Hak Tagih ke Pemerintah Atas Penyelenggaraan Sea Games 1997

ke tempat lain, tetapi kita perlu memindahkan perangkat keras, kargo, peralatan pendukung kehidupan, dan banyak lagi,” tambahnya.

Berbagai misi itu membuat FLEX menjadi sebuah kendaraan multi fungsi yang diharapkan dapat memenuhi tugas dan tuntutan yang makin maju dan berkembang tersebut.

0 Komentar