Puting Beliung Panguragan dan Lemah Tamba: Proses, Ciri-ciri, Dampak dan Cara Mengatasinya

Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
0 Komentar

Penghijauan dapat memberikan banyak efek baik secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan termasuk di dalamnya manusia.

Di tempat yang gersang tentu anda akan merasa kepanasan dengan suasana yang gerah dan tidak nyaman.

Namun pada lingkungan yang teduh dimana banyak pepohonan, maka tempat tersebut menjadi tempat yang nyaman dengan suasana teduh dan menyenangkan.

3. Buat hunian anda permanen dan kuat

Baca Juga:Jokowi Pernah Lontarkan Janji Pecat Mentan Jika Target Swasembada Kedelai GagalPiknik ke Pulau Setan Dijamin Tenang, Bro

Rumah memiliki peran yang cukup penting dalam menghindari bencana alam. Semakin kuat rumah yang anda bangun maka dampak kerusakan serta perlindungan pada suatu rumah menjadi lebih terjaga.

4. Buat tempat perlindungan di bawah

Tempat perlindungan di bawah memiliki fungsi yang cukup penting dapat menjaga keselamatan manusia supaya dapat terhindar dari bahaya yang ada di permukaan. 

Selain melakukan usaha penyelamatan serta pencegahan seperti halnya di atas, anda juga harus berhati-hati ketika bencana angin puting beliung tengah berlangsung.

Dalam hal ini anda harus selalu waspada dan memperhatikan tempat di sekitar yang anda gunakan sebagai tempat berlindung.

Hendaknya hindari berlindung pada tempat terdapat pepohonan tinggi dimana pohon tersebut telah rapuh.

Jika anda melihat ada pohon yang rapuh terlebih jika pohon tersebut merupakan salah satu jenis pohon dengan ukuran tinggi dan menjulang besar, maka sebaiknya dihindari karena  pohon dapat jatuh dan menimpa sewaktu-waktu.

Carilah tempat aman yang kuat dan kokoh serta cari tempat yang jaraknya jauh dari lokasi.

Baca Juga:Pendaftaran Kartu Prakerja 2021 Dibuka, Segera Daftar di Link IniIkut Seleksi SNMPTN 2021, Cek Link Ini, Registrasi Akun LTMPT Pukul 15.00 WIB

Ada baiknya jika anda selalu waspada terhadap tanda bahaya seperti perubahan langit yang menjadi gelap dan bisa pula berwarna agak kehijauan.

Hujan es yang turun dengan butiran besar dan adanya awan rendah dengan warna hitam dan bergerak dengan cara berputar serta adanya bunyi keras yang terdengar seperti gerakan kereta api yang cepat.

Bila ada tanda-tanda yang demikian, sebaiknya anda lekas mencari tempat untuk berlindung atau bunker. 

Bagi anda yang berada di dalam mobil di saat angin puting beliung tengah berlangsung, anda harus segera menghentikan laju kendaraan anda dan segara cari tempat perlindungan yang  terdekat disana.

0 Komentar