Puting Beliung Panguragan dan Lemah Tamba: Proses, Ciri-ciri, Dampak dan Cara Mengatasinya

Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
0 Komentar

Selain itu anda juga harus selalu waspada dengan melakukan hal-hal yang di bawah ini:

Mengenali dengan betul tempat anda tinggal

Sebelum anda menghuni pada sebuah tempat, ada baiknya jika anda mencari tahu dengan baik untuk membuat kehidupan anda menjadi lebih nyaman.

Dengan mencari tahu keadaan atau kondisi lingkungan, maka dapat membuat anda tahu dengan baik dampak positif serta dampak negatif dari hunian yang anda tinggali.

Baca Juga:Jokowi Pernah Lontarkan Janji Pecat Mentan Jika Target Swasembada Kedelai GagalPiknik ke Pulau Setan Dijamin Tenang, Bro

Selain itu, anda juga harus tahu jenis bencana alam apa saja yang bisa terjadi di area hunian anda.

Lakukan penghijauan

Angin umumnya mencari tempat tebuka dan menghamtamnya secara dasyat. Namun ketika ada banyak pohon yang ditanamndi sekitar lingkungan maka angin akan terpecah. Dari hal ini bisa ditemukan bahwa pohon menjadi salah satu solusi andalan yang bisa dipilih untuk menghindari kekejaman angin puting beliung.

Langkah menanam pohon untuk mencegah bencana alama terutama puting beliung harus disadari oleh masyarakat sehingga mereka bisa bergotong royong menanam pohon di lingkungan mereka. Hal yang harus dierhatikan dalam menanam pohon adalah sumber mata air dan masalah tanah.

Penghijauan lingkungan yang dilakukan bukan hanya bisa menanggulangi bahaya puting beliung melainkan juga memiliki banyak manfaat seperti:

Menyerap dan menyimpan air – Air terutama yang berasal dari air hujan ketika berjumlah sangat banyak dan tidak dapat ditampung sepenuhnya oleh tanah akan mengalir ke perumahan penduduk dan menyebabkan banjir. Berbeda ketika ada penghijauan di area tersebut maka air hujan yag terlampau banyak akan diserap oleh akar pohon yang kemudian disimpan di dalam lapisan tanah. Penyimpanan air tersebut dapat dimanfaatkan sebaga cadangan air di musim kemarau, untuk mencegah datangnya banjir dan lain-lain.

Mencegah tejadinya erosi – Akar pohon yang berada di dalam tanah dapat mencegah terjadinya erosi tanah atau pengikisan tanah yang disebabkan oleh air maupun angin kencang.

Keseimbangan lingkungan – Penghijauan bagus untuk menyeimbangkan lingkungan, karena pepohonan yang ada di lingkungan merupakan salah satu komponen biotik yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari alam lingkungan. Keselarasan lingkungan sendiri memiliki keterkaitan khusus antara komponen biotik dan abiotik.

0 Komentar