Puting Beliung Panguragan dan Lemah Tamba: Proses, Ciri-ciri, Dampak dan Cara Mengatasinya

Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
Puting beliung terlihat dari Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Foto: Tangkapan layar video.
0 Komentar

Angin puting beliung merupakan angin yang disebabkan oleh dampak ikutan dari awan cumulonimbus atau Cb yang biasanya tumbuh selama periode musim hujan. Namun perlu diketahui jika tidak semua semua awan Cb akan menimbulkan angin puting beliung.

Kehadiran angin puting beliung dapat terjadi secara tiba-tiba yaitu 5 atau 10 menit di area dengan skala yang sangat lokal. Arus udara dari puting beliung yang turun dengan kecepatan tinggi akan menghembus permukaan bumi secara tiba-tiba dan acak. Hal inilah kenapa puting beliung menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan di banyak tempat.

Pusaran pada angin puting beliung memiliki bentuk yang mirip dengan belalai gajah atau seperti selang pada vacum cleaner. Jika puting beliung berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka lintasannya akan membentuk jalur kerusakan karena bisa menerjang apapun yang dilewatinya. Angin puting beliung banyak terjadi di dataran rendah dan pada siang hari.

Dampak Angin Puting Beliung

Baca Juga:Jokowi Pernah Lontarkan Janji Pecat Mentan Jika Target Swasembada Kedelai GagalPiknik ke Pulau Setan Dijamin Tenang, Bro

 Ada beberapa dampak angin puting beliung yang dapat menimbulkan banyak sekali kerusakan yang tidak ringan bahkan ada yang menimbulkan kerugian yang tidak sedikit yang akan mengganggu ruang publik untuk kehidupan. Berikut dampak-dampak yang bisa ditimbulkan oleh angin puting beliung yang bersifat merusak seperti:

  • Kerusakan pada rumah serta infrastruktur pada suatu daeah
  • Dalam kasus puting beliung ada beberapa yang kasus yang menimbulkan korban jiwa
  • Menimbulkan kerugian material
  • Merusak kebun-kebun warga
  • Menciptakan banyak puing-puing dari kerusakan materi serta sampah yang berserakan
  • Dapat menganggu jalannya ekonomi

Dampak buruk dari angin puting beliung, dapat meluluhlantahkan tempat dengan area seluas 5 kilometer. Dalam hal ini rumah serta banyak tanaman akan hancur serta tumbang akibat diterjang oleh angin puting beliung. Bukan hanya itu namun makhluk hidup juga bisa mati akibat terlempar atau terbentur oleh benda-benda keras yang ikut masuk dalam pusaran angin.

Cara Aman Terhindar Angin Puting Beliung

Untuk mengantisipasi terjadinya puting beliung serta keamaan bagi anda sekaligus keluarga, ada baiknya anda mengenali tanda-tanda apa saja yang yang menandakan kemunculan puting beliung.

0 Komentar